Yuk Simak 6 Macam Jenis Beras 2kg Yang Banyak Ditemukan Di Pasaran

Share:

Beras 2 KG

Jika berbicara tentang beras, biasanya yang muncul di benak adalah beras putih. Tentunya hal tersebut wajar karena beras putih kerap dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok. Tapi tahukah Anda bahwa terdapat setidaknya 6 jenis beras yang tersedia di pasaran? Bahkan beras tersebut dikemas dalam berbagai macam ukuran. Pada ulasan ini, mari mengenal berbagai jenis beras 2 kg yang banyak ditemukan di pasaran Indonesia.

Inilah Beberapa Jenis Beras Yang Bisa Anda Temukan Di Pasar Dan Dikemas Dalam Ukuran 2kg

1. Beras Merah
Kalau beras yang satu ini pastinya sangat mudah untuk dibedakan. Beras merah tentunya punya warna merah yang disebabkan oleh gen antosianin. Gel ini merupakan sumber warna merah atau ungu yang muncul di butiran beras ini. Namun bukan hanya warnanya yang beda. Beras jenis ini juga kaya akan kandungan vitamin dan serat. Beras merah cenderung dijual dengan harga yang lebih tinggi.

2. Beras IR42 atau beras Pera
Beras pera atau IR42 ini punya tampilan yang beda dengan beras varietas lainnya. Hal ini karena bentuk butirannya tidak bulat dan cenderung lebih kecil. Kemasan beras 2kg jenis ini cukup banyak ditemukan di pasaran. Dibanderol dengan harga yang lebih mahal dari beras setra ramos, produk beras ini juga sering dijual eceran. Jenis beras ini sering dipakai untuk olahan nasi uduk, nasi goreng, atau ketupat karena teksturnya keras dan kering.

3. Beras Setra Ramos
Beras jenis ini paling diminati masyarakat karena harganya lebih terjangkau. Bahkan Anda bisa temukan banyak brand dan juga kemasan beras jenis sentra ramos atau beras IR64. Bentuk butirannya lebih lonjong / panjang (dikenal long grain). Perlu diketahui bahwa beras ini tidak keluarkan aroma wangi, tidak tahan lama, dan banyak produk dengan zat kimia berbahaya. Jadi hati – hati dan telitilah saat beli beras sentra ramos.

4. Beras Rojolele
Beras rojolele juga punya banyak peminat. Bahkan beras dengan kualitas di atas sentra ramos ini tersedia dalam kemasan beras 2kg, 2.5g, 5kg, 10kg, hingga 50kg. Rojolele dikenal akan butiran beras yang putih bersih dan berbentuk panjang sedikit bulat. Selain itu, beras ini dikenal akan tekstur pulen dan rasa yang enak ketika sudah matang. Sayangnya beras ini tidak punya aroma wangi seperti pandan wangi.

5. Beras Pandan Wangi
Bisa dikatakan varietas pandan wangi adalah produk premium yang banyak dicari oleh warga. Seperti namanya, ketika sudah dimasak beras ini akan keluarkan aroma harus layaknya pandan. Tidak hanya itu, tekstur beras juga pulen, empuk, dan enak saat dimakan. Beras ini punya karakteristik warna sedikit kekuningan dan bentuk cenderung bulat. Beras ini punya harga yang lebih tinggi dari varietas lain.  

6. Beras Jepang
Varietas beras ini juga dikenal dengan nama methik susu. Beras yang dibudidayakan di kawasan Magelang, jawa tengah ini cukup terkenal dan tersedia dalam kemasan beras 2kg. Karakteristiknya juga unik, yakni berwarna putih susu, berbentuk lonjong dan lebih gemuk. Yang lebih menarik, ternyata beras ini kandungan karbohidrat dan glukosanya cepat terurai. Jadi aman dikonsumsi orang dengan penyakit diabetes. 
  
Setidaknya itulah beberapa jenis beras yang bisa Anda temukan di pasaran. Sering kali beras – beras tersebut tersedia dalam berbagai jenis ukuran kemasan. Mulai dari 2kg, 2.5 kg, 5kg, 10kg, hingga 50kg. Tentunya harga dan kualitas yang diberikan akan sangat berbeda pada setiap jenisnya. Jadi pastikan Anda tahu perbedaan yang dimiliki setiap jenisnya, agar tidak salah membeli atau terkejut dengan harga yang ditawarkan di pasar.

No comments