Cara Simple Yang Ampuh Untuk Mengatasi Gusi Bengkak

Share:
Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Mungkin, ada sebagian dari kita yang pernah mengalami masalah gusi bengkak? Ya, seperti yang sudah kita ketahui, bahwa masalah yang satu ini cukup mengganggu aktivitas, mulai dari saat makan, gosok gigi, hingga sulit tidur. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk senantiasa menjaga kebersihan mulut agar terhindar dari masalah gusi yang membengkak. 

Penyebab Gusi Bengkak Yang Harus Kalian Ketahui:

1. Sisa-sisa Makanan Yang Menempel
Penyebab pertama yang bisa menyebabkan gusi membengkak, yakni menempelnya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dan gusi. Mengapa demikian? Pasalnya, sisa-sisa makanan tersebut akan memicu datangnya kuman dan bakteri. Jika dibiarkan, maka bakteri dan kuman pun akan terus menumpuk sehingga bisa menyebabkan gusi menjadi bengkak.

2. Hormon
Menurut para pakar gigi, yang menyebutkan bahwa gusi bengkak juga dipengaruhi oleh hormone yang kerap terjadi pada perempuan hamil. Ya, adanya perubahan kadar hormone karena kehamilan, yang menjadi pemicu utama dari membengkaknya gusi. Namun, masalah tersebut hanya bersifat sementara. 

3. Konsumsi Obat-obatan
Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa menyebabkan gusi membengkak, sehingga kita harus memperhatikan kebersihan dan kesehatan mulut secara keseluruhan dengan baik. Misalkan saja pada jenis obat untuk menurunkan tekanan darah, yang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi yang memicu pembengkakan. 

4. Adanya Iritasi
Perlu kalian ketahui, bahwa iritasi ini biasanya terjadi karena ada reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang ada pada makanan, minuman, pasta gigi, dan produk-produk mulut lainnya. Nah, reaksi alergi tersebutlah yang dapat membuat jaringan gusi menjadi merah dan berlanjut ke pembengkakan. 

5. Penumpukan Karang Gigi (Kalkulus)
Ini dia salah satu faktor yang sering menjadi penyebab dari membengkaknya gusi. Plak atau karang ini merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan menempel pada permukaan gigi yang terbentuk oleh bakteri di mulut. Plak ini baru bisa terlihat setelah gigi berubah warna menjadi kuning, jika kita tidak rajin memberishkan mulut. 

6. Kekurangan Asupan Vitamin C
Faktor berikutnya yang dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak, yakni karena tubuh yang kekurangan asupan vitamin C. Padahal, vitamin C inilah yang memiliki peran penting dalam membantu memperkuat jaringan ikat di gusi lho. 

* Berkumur Dengan Air Garam
Campurkan sedikit garam kedalam segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur, dan diamkan beberapa saat, lalu muntahkan kembali. Cara ini bisa kamu lakukan secara rutin berkumur setelah selesai menyikat gigi. 

* Berkumur Dengan Air Lemon
Siapkan beberapa 1 - 2 buah lemon, peras airnya, lalu campurkan kedalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan air lemon tersebut untuk berkumur. Agar hasilnya lebih maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

* Menggunakan Buah Belimbing Wuluh
Sediakan beberapa buah belimbing wuluh yang masih mentah, tumbuk hingga hancur, kemudian oleskan pada gusi yang membengkak. 

* Menggunakan Campuran Merica, Garam, dan Air 
Campurkan garam dan merica, tambahkan sedikit air, lalu aduk-aduk sampai teksturnya mengental seperti pasta. Oleskan pasta tersebut ke gusi yang membengkak. 

* Berkumur Dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji
Sediakan beberapa lembar daun jambu biji, cuci hingga bersih, lalu rebus kedalam air sampai mendidih. Setelah itu, tiriskan kedalam gelas, lalu berkumurlah dengan air rebusan tersebut.

Bagaimana, sangat mudah dan simple bukan?

No comments