Yuk Simak Tips Merawat Penderita Skizofrenia di Rumah

Share:

Skizofrenia merupakan salah satu gangguan mental yang cukup serus dimana penderitanya kesulitan membedakan antara mana yang khayalan dan mana yang nyata. Hidup bersama dengan orang yang menderita penyakit ini memang tidak mudah, apalagi jika kondisi emosinalnya yang seringkali tidak stabil. 

Maka dari itu dibutuhkan strategi khusus agar penyembuhannya bisa lebih cepat. Berikut ini tips merawat penderita skizofrenia di rumah yang kami himpun dari blog http://gumilar.net/.

Cara Merawat Orang yang Terkena Skizofrenia

1. Mempelajari Penyakit yang Dialami Penderita
Sebagai salah satu orang terdekatnya, sebaiknya anda lebih memahami tentang penyakit skizofrenia dengan baik. Beberapa hal yang harus diketahui orang yang merawat penderita penyakit ini diantaranya apa yang menyebabkan seseorang mengalami skizofrenia, gejala apa saja yang terlihat dari orang tersebut. Serta pengobatan apa saja yang bisa dilakukan terhadap penderita skizofrenia.

Dengan pengetahuan yang lebih banyak mengenai penyakit ini, maka anda akan lebih mudah untuk memilih penyembuhan apa yang palin cocok baginya. Selain itu, anda bisa menghindari beberapa hal yang bisa memicu penyakit skizofrenia semakin parah. Sebagaimana hal ini jika penyebab dari gangguantersebut adalah stress yang berkepanjangan, sehingga cara  merawat penderita skizofrenia yang baik dengan tidak menyebabkan kondisi yang memicu stress.

2. Melakukan Konsultasi Ke Psikiater
Karena gangguan ini bersifat psikologis, maka penanganan yang tepat yaitu dengan membawanya ke psikiater. Seorang psikiater pastinya akan lebih paham mengenai penyebab dan gejala yang dialami oleh pasien serta penyembuhan yang paling efektif. Dengan menggunakan bantuan ini, anda lebih mudah untuk merawat pasien. Lakukan konsultasi mengenai gejala yang dialaminya dan kemungkinan kondisi yang menyebabkan pasien terkena skizofrenia.

3. Mengarahkannya untuk Mendapatkan Perawatan Medis
Kebanyakan orang justru tidak peduli dan mengasingkan penderita skizofrenia. Bahkan ada yang sampai memasungnya, karena berfikir bahwa penyakit ini cukup berbahaya. Padahal sebenarnya, penderita penyakit ini tidak sadar jika dirinya sedang tidak sehat. Apalagi jika orang terdekat tidak merawat penderita skizofrenia, maka kondisinya akan semakin parah. Anda harus memandunya untuk mendapatkan perawatan medis agar bisa mengatur gejala yang muncul.

4. Senantiasa Mendampingi Penderita skizofrenia
Jika sudah dilakukan rawat inap dan dokter sudah membolehkannya untuk pulang bukan berarti kondisinya benar-benar sudah pulih. Anda harus tetap mendampinginya, agar proses penyembuhan bisa lebih cepat selesai, sehingga pemulihannya berada pada tahap yang benar. Sebagai orang terdekat, dukungan dan motivasi dari anda tentunya sangat berarti bagi penderita skizofrenia. Apalagi jika mereka mau melanjutkan pengobatan penyakit dengan terapi.

Ketika penderita gangguan ini berada di rumah dan dia mengalami paranoid, maka anda harus segera hubungi dokter. Selain itu,merawat penderita skizofrenia juga harus waspada jika kondisi pasien kurang tidur dan terlihat depresi. Penggunaan obat-obatan yang tidak berasaldari dokter juga harus dihindari agar tidak semakin parah. Penanganan yang tidak tepat bisa menyebabkan penderita skizofrenia mengalami halusinasi dan delusi kembali. 

5. Menerapkan Pengobatan Rumahan 
Dalam memberikan perawatan di rumah, maka anda harus lebih siaga setiap waktu terhadap anggota keluarga yang memiliki skizofrenia. Usahakan agar setiap hari ia meminum obat dari dokter. Dukunglah ia untuk melakukan kegiatan grup yang melibatkan banyak orang. Hal ini bertujuan agar ia tidak terlalu tenggelam dengan pikirannya sendiri sehingga menimbulkan halusinasi. Selain itu, anda bisa memberikannya kegiatan agar dia tidak sering berdiam diri.

Jika memang awalnya pasien tidak suka mengkonsumsi alkohol, maka anda harus merawat penderita skizofrenia dengan mencegahnya karena bisa menghambat obat skizofrenia. Karena penyebab gangguan ini bisa disebabkan karena stress maka anda harus menjauhkanya dari kondisi yang dapat memicu stress. Kurang tidurdan konsumsi kafein bisa menyebabkan gejala kambuh. Selain itu, faktor makanan juga bisa memberikan dampak yang buruk terhadapnya.

Penyakit skizofrenia memang harus diberi perlakuan yang tepat agar halusinasi dan delusinya tidak muncul. Selain memberikan obat-obatan yang sudah dianjurkan oleh dokter, anda juga perlu melakukan pengobatan lanjutan agar penyembuhannya semakin cepat. Salah satu terapi yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini adalah hipnoterapi. Namun, dalam hal ini anda harus memberikan dukungan dan motivasi agar penderita mau menjalaninya. 

No comments