Wisata Wajib Malaysia : Batu Caves Di Selangor

Share:

Batu Caves, berada di Selangor yang jadi ikonik dari Negeri Jiran, Malaysia ini adalah satu pertunjukan wisata yang populer serta popular jadi tempat perziarahan umat Hindu paling besar di dunia, oleh karena itu Batu Caves ini jadi tempat wisata kombinasi di antara wisata alam dan wisata religi. 

Pertunjukan penting dari obyek wisata ini ialah kehadiran patung dewa Hindu yang besar di pintu masuk, yakni Patung Dewa Muragan setinggi 42 m, serta banyak pelancong yang menyebutkan patung ini jadi Patung Malaysia, sebab souvenir atau oleh-oleh dari Malaysia banyak yang mirip Patung Dewa Murugan ini. Tidak bingung bila kehadiran patung ini menarik pelancong untuk berpose didepannya hingga seperti telah jadi satu keharusan bila hadir ke Malaysia serta Batu Caves untuk ambil photo dari depan patung ini. 

Tidak cuma ada Patung Dewa Murugan, disana ada satu kuil Hindu yang terdapat di gua yang bisa berperan jadi kuil serta tempat pemujaan agama Hindu. Jadi tempat kuil Hindu di Malaysia, Batu Caves benar-benar menarik beberapa ribu umat serta pelancong, khususnya sepanjang festival tahunan agama Hindu. Dalam Batu Caves ada 4 kuil menarik yang bisa di datangi, Temple Cave atau Cathedral Cave adalah gua penting yang dapat diraih dengan naiki 272 anak tangga. Gua ini jadikan kuil umat Hindu serta dipersembahkan pada Dewa Murugan. Tetapi, waktu ingin naiki anak tangga, pelancong bisa lihat jumlahnya monyet/kera yang bermain serta merayu pelancong. Tidak hanya terdapatnya monyet, di muka Patung Dewa Murugang ada beberapa sekali burung merpati hingga membuat situasi yang ada seperti sedang ada di London, serta ini satu diantara yang membuat Batu Cave lebih menarik banyak pelancong untuk hadir. 

Tetapi, ada hal-hal lain yang menarik dari Batu Caves, pasalnya di seputar anak tangga yang sejumlah 272 itu sudah dicat lagi dengan warna-warni seperti pelangi indah yang memberi warna Batu Caves. 

Tangga yang ke arah kuil di Malaysia itu mempunyai warna baru yang menarik serta indah. Hingga warna warni tangga ini jadi daya tarik tertentu untuk pelancong makin ingin lihat langsung keindahan baru yang dipancarkan dari Batu Caves, serta pastinya warna-warni tangga ini jadi objek photo baru yang menarik, tidaklah heran tangga ini tetap ramai sebab pelancong tidak mau kehilangan event untuk ambil photo di tangga pelangi ini, pelancong berlomba untuk memperoleh photo paling baik dengan angle yang baik ditengah-tengah keramaian Tangga yang indah ini. Dari pucuk 272 warna-warni anak tangga di Batu Caves pelancong bisa lihat cakrawala pusat kota yang menarik. Namun, warna-warni dari tangga itu nyatanya sudah sempat menyebabkan pro-kontra. 

Temple Cave dapat dibuka tanpa ada keluarkan ongkos sedikitpun atau gratis, tetapi berlainan dengan Cave Vila, Ramayana Cave, serta Dark Cave yang dimana untuk masuk ke cave itu harus merogoh kocek sebesar; 

Untuk ke arah ke Batu Caves bukan hal yang susah. Sebab pelancong dapat memakai KTM (Komuter Train) dari KL sentra ke Batu Caves Komuter Station dari basis 3 dengan biaya 2,6 RM dengan memerlukan waktu kurang lebib 30menit perjalanan. Sama juga dengan commuterline yang dimana keretanya diperlengkapi dengan gerbong spesial wanita. Jam operasional Batu Caves ini ialah mulai jam 06:00 – 21:00 waktu Malaysia. 

Oleh karenanya, Batu Caves adalah tempat yang harus Anda datangi waktu hadir ke Malaysia! 

No comments